Internet banking adalah sebuah jaringan internet yang dipergunakan demi kepentingan perbankan atau menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksi perbankan yang dapat dilakuakan di rumah, di kantor.
Untuk itu hanya diperlukan komputer dan koneksi internet. Saat Bank Tradisional ( Bank yang melakukan transaksi di suatu tempat) menjadi online, haruslah memiliki jaringan internet yang sangat luas dan selalu ada selama 24 jam sehingga dapat melayani konsumen melalui sistem Internet Banking.
Internet Banking merupakan teknologi canggih dan dapat memberikan lebih banyak informasi daripada tradsional bank yang hanya melayani konsumen yang dating ke suatu tempat untuk bertransaksi langsung. Seandainya anda mengambil uang dari ATM, transaksi akan langsung dapat diterima oleh bank. Dan apabila anda memiliki lebih dari satu tabungan , transfer uang yang dilakukan dari dan ke tabungan lain akan lebih mudah.
Keuntungan
- Internet Banking lebih menghemat waktu dan biaya (biaya transportasi).
- Konsumen tidak harus mendatangi bank secara langsung
- Internet banking memberi pelayanan selama 24 jam
- Konsumen dapat melakukan transaksi dari manapun dan kapan pun.
Bagi pihak Bank :
- Mengurangi biaya oprasional, biaya sewa tempat, dan gaji karyawan.
Kerugian
· Terkadang nasabah lupa logout sehingga orang jail bisa mengakses internet banking anda secara bebas.
· Konsumen terkadang salah mengetik satu huruf sehingga user name dan password konsumen dapat terbaca.
· Konsumen jadi type “konsumtif” karena dapat membeli apapun tanpa memikirkan besar uang yang dikeluarkan.
· Konsumen tidak pernah memperbaharui password secara berkala atau menggunakan password dengan tanggal lahir sehingga mudah ditebak.
0 komentar:
Posting Komentar