Sabtu, 28 April 2012

Mobile Computing

MOBILE COMPUTING

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

Masalah yang sering dihadapi untuk mobile computing adalah akses jaringan yang sangat tidak memenuhi sehingga mobile tidak berfungsi secara maksimal. Disini saya akan membahas pendukung mobile computing yang paling utama yaitu jaringan dan yang saya ambil adalah akses jaringan 4G (LTE).

Long Term Evolution adalah sebuah nama baru dari layanan yang mempunyai kemampuan tinggi dalam system komunikasi bergerak (mobile). Teknologi ini biasanya disebut sebagai teknologi 4G, LTE jauh melebihi generasi-generasi sebelumnya, bahkan standar spesifikasi kecepatan datanya sampai 100 Mbps pada arah downlink. LTE akan mampu membawa aplikasi-aplikasi yang menarik seperti TV interaktif dan game tingkat advance. Karena LTE mendukung kemampuan handover dan roaming ke jaringan bergerak eksisting maka cakupan yang melayani perangkat pelanggan menjadi ubiquitous. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi ini, diantaranya penggunaan spektrum yang fleksibel, peningkatan kapasitas, latensi yang rendah, biaya operasional yang lebih rendah, dan memiliki performansi yang tinggi.

Jaringan LTE mampu mentransformasi pengalaman pengguna telekomunikasi, memperbarui layanan mobile broadband ke tingkatan baru sehingga kegiatan mobile seperti browsing internet, mengirim email, video sharing, download musik, serta aplikasi-aplikasi lain akan sangat mudah diakses tanpa ada intervensi atau keterlambatan. LTE disiapkan untuk format jaringan seluler yang kekuatannya jauh melebihi dari pada yang sudah ada sekarang baik 3G, HSDPA (high speed downlink packet access) maupun HSUPA (high speed uplink packet access), karena mampu mengalirkan data hingga 100 Mbps untuk downlink dan 50 Mbps untuk uplink.Dengan kecepatan fantastis itu, beragam aplikasi bisa dinikmati lebih cepat dan real-time misalnya untuk game online.

Fitur Utama LTE :

A. High efisiensi spectrum

OFDM dalam Downlink, Robust terhadap multipath gangguan dan Tinggi kemiripan dengan teknik-teknik canggih seperti Frekuensi saluran domain yang bergantung pada penjadwalan dan MIMO.

DFTS-OFDM ( "Single-Carrier FDMA") di Uplink, PAPR rendah, Pengguna orthogonality di frekuensi domain.

Multi-antena aplikasi.

B. Sangat rendah latency

Short setup waktu dan Short penundaan transfer.

Short HO latency dan interupsi waktu.

C. Dukungan variabel bandwidth

1.4, 3, 5, 10, 15 dan 20 MHz.

Kesimpulan

Sebagai kandidat 4G, LTE memiliki beberapa spesifikasi teknologi yang berbeda dari teknologi sebelumnya, yaitu:

1) Penggunaan teknik OFDMA di sisi downlink dan SCFDMA di sisi uplink

2) Efisiensi Bandwith

3) Fleksibilitas bandwith

4) Mobilitas yang tinggi

5) Full IP

6) Arsitektur sederhana

7) Penggunaan antenna MIMO

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Redclouds | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille